Saturday, May 25, 2019

Mengenal Berbagai Jenis Keyboard di Dunia

Baik PC maupun Laptop, kedua perangkat ini wajib membutuhkan keyboard untuk menjalankan perintah-perintah dari suatu program atau sistem. Dengan keyboard maka Anda dapat melakukan pengetikan, menggunakan shortcut dan lain sebagainya.

Awal mula kemunculan keyboard sendiri adalah menggunakan colokan P/S2, yang mana telah banyak ditinggalkan untuk sekarang ini. Untuk saat ini, keyboard telah menggunakan colokan USB (Universal Serial Bus), dimana hampir seluruh keyboard yang dapat Anda temukan sekarang ini. 

Bentuk dari colokan keyboard PS/2 adalah bulat sedangkan USB adalah petak. (ilustrasi gambar, dibawah)




Untuk keyboard sendiri, maka ada banyak jenis yang telah diproduksi sampai hari ini, antara lain:

Dilihat dari cara bahan dan material yang dibuat, keyboard hanya dibagi menjadi 3 (tiga):

1. Keyboard Rubber Dome




Keyboard versi rubber dome adalah sebuah keyboard versi awal dimana bahan dalam atau materialnya menggunakan karet. Tombol yang di tekan akan mengenai karet, dan karet mengenai papan board dari keyboard dan terkoneksi langsung kepada PC/ laptop Anda. Dari segi harga rubber dome tergolong relative terjangkau tapi daya tahan yang agak kurang (tergantung pemakaian).


2. Keyboard Semi-Mechanical




Keyboard semi-mechanical adalah keyboard perpaduan antar rubber dome dan mechanical. Jadi bisa dikatakan ini bukan keyboard mechanical full. Untuk kualitas, semi-mechanical lebih tahan dan awet dibandingkan dengan rubber dome. Harga yang relatif lebih murah dibandingkan keyboard mechanical. Keyboard ini lebih banyak diperuntukkan untuk amateur gamers.


3. Keyboard Mechanical




Seperti pada artikel sebelumnya, “Mengulas Tuntas Mechanical Gaming Keyboard”, keyboard satu ini terbuat dari bahan yang jauh lebih baik daripada versi rubber dome. Umumnya kombinasi bahan yang digunakan pada keyboard ini adalah board/ papan, metal, switch mecha, switch keyboard (yang dapat diganti). Untuk daya tahan, keyboard mechanical memiliki daya tahan lebih baik daripada keyboard rubber dome.

-----------------------------

Menurut pemakaian, keyboard dibagi menjadi:

1. Keyboard Wired




Keyboard ini sangat mudah ditemukan, dan hampir seluruh kantor, sekolah, bank, dan sebagainya menggunakan keyboard ini. Keyboard wired atau disebut keyboard menggunakan kabel ini dapat dimiliki dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan keyboard wireless. Kelemahan keyboard wired adalah beberapa customer merasa terganggu dengan kabel yang terbentang.


2. Keyboard Wireless




Keyboard ini banyak digunakan oleh personal user atau pribadi, dimana keyboard hanya membutuhkan suatu konektor USB untuk dicolok pada PC maupun laptop Anda. Harga keyboard wireless atau disebut keyboard tanpa kabel umumnya relatif lebih tinggi harganya dibandingkan dengan keyboard wired. Kelemahan keyboard wireless adalah Anda harus menyediakan baterai cadangan apabila suatu saat daya yang dihasilkan batere telah habis (jarang terjadi).

--------------------------------

Menurut jenisnya, keyboard dibagi menjadi:

1. Keyboard Numerik





Keyboard yang diproduksi hanya dengan angka, sangat cocok untuk Anda yang berprofesi akutansi.


2. Keyboard Flexible




Keyboard dengan bahan luar karet dan bisa digulung. Keyboard ini hanya diproduksi menggunakan rubber dome pada bagian dalamnya. Kelebihan dari keyboard ini adalah tahan cairan apabila tidak sengaja tertuang diatas keyboard, gampang disimpan di tas, bentuk yang elastis / tidak kaku.


3. Keyboard Mini




Keyboard yang diproduksi seperti keyboard biasa, dengan design yang ergonomis, pipih, dan minimalis. Umumnya keyboard ini digunakan di laptop.


4. Keyboard TKL (Ten Key Less)




TKL artinya tidak adanya 10 tombol disamping. Perbedaan mencolok dari seri TKL dan keyboard mini adalah harga TKL lebih tinggi dibandingkan dengan keyboard mini. Hal ini disebabkan karena  seri TKL lebih dikhususkan untuk pemakain para gamers.


5. Keyboard Full Size





Keyboard standar yang terdiri dari abjad QWERTY dan numerik yang digabungkan di dalam. Keyboard ini diproduksi 2 (dua) baik yang standard maupun gaming. Umumnya keyboard gaming full size akan relative lebih tinggi daripada keyboard jenis standard. Untuk para gamers juga suka menggunakan ini, maupun TKL.
  

-----------------------

Kesimpulan: 

Apabila Anda adalah seorang gamer, maka pilihan terbaik untuk keyboard Anda adalah mechanical dan wired. Tapi apabila Anda memiliki budget yang terbatas, maka Anda dapat menggunakan semi-mechanical terlebih dahulu. 
Jika Anda menggunakan dalam kebutuhan di kantor, maka Anda dapat menggunakan keyboard rubber dan wired. Tapi apabila Anda menggunakan untuk personal use tanpa gaming, maka Anda dapat menggunakan keyboard dan mouse wireless.

Jika Anda memiliki keinginan dalam membeli keyboard, maka Anda bisa mengunjungi toko komputer terdekat dan terpercaya di daerah Anda. Cobalah untuk rasakan keyboard yang Anda inginkan, dan coba setiap key / tombol dari keyboard, sehingga dapat meminimalisir untuk tidak bolak-balik dalam menukar barang, atau menukar keyboard bila Anda tidak merasa cocok.  

Demikian yang dapat kami ulas, bila ada pertanyaan  jangan ragu untuk menghubungi kami, baik via media sosial maupun chat secara langsung. Anda dapat klik link dibawah, karena kami akan membantu Anda dalam memberikan sedikit gambaran mengenai jenis-jenis keyboard

Sekian dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

No comments:

Post a Comment