Thursday, May 23, 2019

5 Keputusan Terbaik Sebelum Membeli Headset / Headphone / Earphone

Memilih Headset - Kadang hal sepele ini masih banyak sulit dilakukan oleh orang pada umumnya. Cukup banyak teman-teman yang masih bingung dalam hal memilih headset yang tepat, khususnya orang awam. Dari sekian banyak produksi headset yang diproduksi di dunia, baik bentuk, harga, merek, dan fungsi, maka kebanyakan orang akan bingung dalam membeli headset yang cocok untuk dipakai. 

Admin  juga pernah mengalami pengalaman yang tidak jauh berbeda untuk hal tersebut, maka untuk mengurangi kebingungan tersebut KomputerMedan akan bagi beberapa tips untuk Anda. 



1. Budget



Mau berbicara baik headphone, headset, earphone, dan lain sebagainya. Maka pertama kali Anda harus menentukan budget Anda seberapa besar. Jika budget Anda tidak terbatas, maka alangkah bijaknya Anda memilih headset dengan kualitas yang baik tentunya. Tapi apabila Anda memiliki budget yang terbatas, maka alangkah bijaknya apabila Anda memilih budget yang tidak terlalu mahal, sehingga Anda bisa membeli gear lain.



2. Headset / Headphone / Earphone / Earplug



Ini merupakan hal paling sederhana apabila Anda telah menentukan budget yang Anda miliki. Perbedaan dari ke empat jenis ini adalah:
Headset adalah perangkat audio yang terdiri dari headphone/ earphone dan microphone yang tersampung didalamnya.
Headphone hampir sama dengan headset tapi tidak dilengkapi microphone.
Earphone sama dengan headphone dimana tidak dilengkapi microphone dan cara penggunaan yang dicolok ke telinga.

Earplug sama dengan earphone dimana perbedaan earplug memiliki bentuk yang dapat masuk ke lubang telinga. 


3. Bentuk dan Style Headset




Ada beraneka ragam bentuk-bentuk Headset. Nah disini kamu harus dapat memilih model dan style headset sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.
Ada 3 macam jenis headset, yakni:
Over Ear yaitu menutupi telinga
Earbuds yaitu menempel di lubang telinga tetapi tidak masuk, dan yg terakhir
In Ear yaitu masuk kedalam lubang telinga.



4. Kegunaan





Tentukan jenis headset yang Anda inginkan, jika Anda suka dan selera music dengan bass lebih kencang maka ambil lah headset dengan spesifikasi lebih ke bass. Begitu juga apabila suka natural, maka ambillah headset dengan treble dan bass yang seimbang.


5. Perhatikan Spesifikasi




a.       Frekuensi
Diukur dengan satuan Hz (hertz). Respon frekuensi pada dasarnya adalah untuk mengetahui tinggi rendahnya nada. Jika anda ingin menggunakan headphone untuk mendengarkan music dengan dominan bass maka Anda bisa memilih headset dengan nada rendah atau bass.

b.      Impedance (hambatan)
Prinsip impedance adalah semakin tinggi impedansi pada suatu headset maka arus tegangan yang mengalir semakin kurang.

c.       Sensitivitas
Jika Anda membeli headset untuk mendengarkan music, Anda harus  memilih headset dengan sensitivitas medium / mid-range. Bila Anda menggunakan sensitivitas high range, pastikan volume control telah berada pada setengah persen. Sebagai tambahan, pastikan Anda memilih headset dengan sensitifitas mid-range untuk keamanan pendengaran Anda.

d.      Drivers
Fungsi driver adalah menciptakan suara dalam perangkat Anda. Umumnya dengan adanya driver maka suara yang diciptakan akan lebih ditingkatkan dari bass, mid, maupun treble.

e.      Sweat Resistant
Fitur ini membuat alat Anda tahan terhadap kelembapan dan cairan yang dihasilkan oleh keringat, khususnya pada saat Anda berolahraga.

f.        Bluetooth
Tidak semua headset / earphone dilengkapi dengan fitur ini. Fitur ini memungkinkan alat Anda untuk dikoneksikan ke smartphone Anda.

g.       Noise Cancellation
Fungsi dari fitur ini adalah memblokade semua jenis suara yang dating dari luar, seperti kebisingan lingkungan sekitar Anda, pesawat terbang, dan lain-lain.


------------------------

Mengapa Headset? Khususnya untuk gaming, headset memiliki feel yang sangat berbeda apabila dibandingkan dengan speaker, apalagi ditambah dengan headset dengan fitur 7.1 yang surround, vibration, dan RGB. Fungsi headset sendiri juga cukup baik untuk orang sekitaran Anda sehingga tidak merasa terganggu, tapi berhati-hatilah apabila Anda memakai dalam jangka waktu yang lama dan suara yang terlalu besar.

Jika Anda berniat mencari dan memiliki headset/ headphone/ earphone, maka Anda bisa mengunjungi toko komputer yang bergaransi agar Anda memiliki kepuasaan lebih dalam menggunakan headset tersebut. Tentunya Anda tidak mau bila Anda mengeluarkan uang dengan headset seharga ratusan ribu sampai jutaan tapi tidak bergaransi.

Jika Anda ingin melihat spesifikasi tambahan, model, dan gambaran mengenai headset terbaik pilihan customer, Anda dapat klik link yang kami berikan. Semoga bermanfaat, dan Anda bisa share kepada teman-teman Anda apabila ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment