Wednesday, May 22, 2019

4 Pertimbangan Dalam Memilih MicroSD dan SD Card

Membeli MicroSD - Pengguna smartphone maupun camera pasti sering mendengar hal ini, dan hampir semua smartphone dan camera saat ini wajib menggunakan MicroSD maupun SD Card. Fungsinya tentu adalah agar dapat menambah memory penyimpanan data. SD sendiri adalah singkatan dari Secure Digital. Micro artinya kecil. Jika diartikan kira-kira menjadi alat penyimpanan data dengan bentuk kecil. Saat ini, banyak pilihan MicroSD yang tersedia di pasaran. Harga dan kapasitas merupakan hal yang berkaitan erat, dimana kapasitas lebih tinggi tentunya diwakili dengan harga yang lebih tinggi.

Untuk mendapatkan MicroSD yang tepat untuk Anda sebaiknya Anda harus memperhatikan hal-hal seperti dibawah ini, disamping dari masalah harga dan kapasitas tentunya. 

1. SDHC & SDXC




SDHC adalah kepanjangan dari Secure Digital High Capacity sedangkan SDXC adalah Secure Digital eXtended Capacity. Perbedaan mencolok dari dua ini adalah cakupan data yang disimpan. Cakupan data yang bisa disimpan SDHC adalah 2 – 32GB, sedangkan SDXC adalah 32 GB – 256 GB. Jika memilih, pastikan cocokkan dengan kebutuhan Anda dan juga kantong Anda.


2. Kelas Kinerja Aplikasi




Klasifikasi kelas ini dirancang untuk menyoroti kartu MicroSD yang cocok digunakan di smartphone dan tablet. Standar baru juga digunakan sekarang dengan nama Kelas Kinerja Aplikasi, baik itu Class A1 maupun Class A2.
Kelas A1 (Class A1) melambangkan bahwa kartu tersebut mampu melakukan pembacaan (Read) acak input-output access per second (IOPS) 1.500 dan penulisan (Write) IOPS 500.
Kemampuan tersebut dinilai sangat ideal dalam membuka aplikasi dengan cepat dan pengolahan tugas-tugas Anda dengan cepat. MicroSD A1 yang baru ini patut menjadi pilihan bagi pengguna smartphone dan tablet.


3. Kelas dan Peringkat UHS




UHS adalah Ultra High Speed. Setidaknya ada 6 macam kelas dari MicroSD berdasarkan kecepatan pemindahan data, yaitu:
- Class 2 / Kelas 2 memiliki kecepatan minimal 2 MB/s
- Class 4 / Kelas 4 memiliki kecepatan minimal 4 MB/s
- Class 6 / Kelas 6 memiliki kecepatan minimal 6 MB/s
- Class 8 / Kelas 8 memiliki kecepatan minimal 8 MB/s
- Class 10 / Kelas 10 memiliki kecepatan minimal 10 MB/s
- Class UHS 3 / Kelas UHS 3 memiliki kecepatan minimal 30 MB/s

Sebagian besar kartu MicroSD umumnya bekerja lebih cepat dibandingkan kecepatan minimal mereka. Kartu MicroSD kelas 10 misalnya, dapat bekerja dengan kecepatan 95 MB/s dan kartu UHS bisa bekerja hingga kecepatan 312 MB/s.
Umumnya harga Class 10 (Kelas 10) masih tergolong wajar untuk saat ini, dan merupakan pilihan yang cocok untuk Anda.


4. Review dan AfterSales



Pastikan selalu Anda mereview barang / MicroSD yang ingin Anda gunakan, hal ini bisa menambah user experience, dan informasi mengenai teman-teman yang telah menggunakannya. Tidak hanya review, Anda juga wajib mengetahui MicroSD yang Anda inginkan merupakan barang original dan memiliki garansi resmi, setiap brand / merek MicroSD memiliki masa garansi yang berbeda-beda, ada yang bergaransi 5 tahun sampai seumur hidup.
  

Ini lah 4 hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakan dan membeli MicroSD, MicroSD merupakan hal wajib bagi Anda pengguna smartphone saat ini, data seperti foto/ video merupakan hal penting, pastikan Anda menggunakan MicroSD original dan bergaransi resmi. 

Jika Anda membutuhkan MicroSD, belilah selalu MicroSD di toko komputer bergaransi resmi, dan pastikan ada tertempel segel atau hologram distributor. Jika teman Anda, kerabat, saudara, dan keluarga masih ragu-ragu mengenai MicroSD, Anda dapat mereferensikan artikel ini. Anda juga dapat melihat beberapa contoh MicroSD disini, MicroSD bergaransi resmi

Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment